EKSKUL PASKIBRA

Ekstrakulikuler Paskibra adalah ekstrakulir yang membimbing kita mengenai PPB ( Peraturan Baris Berbaris ). Saya memilih untuk mengikuti ekskul Paskibra karena saya ingin melatih kepribadian saya agar lebih disiplin, bertanggung jawab, dan menambah pengalaman saya.


Ekstrakulikuler Paskibra diadakan setiap hari Senin mulai dari pukul 16.00 hingga 17.30, bagi yang kelas 7 / junior. Selama sebelum pelantikan kita dilatih 12 gerakan dasar Paskibra dan juga 10 peraturan dasar Paskibra. Kita pun diwajibkan untuk memakai name tag. Kemudian ketika bulan Desember, kami mengikuti Pelantikan Paskibra. Pelantikan ini bertujuan untuk mengubah status kita yang awalnya capas 4 ( calon penerus 4 ) menjadi Penerus 4.

Pelantikan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Pelantikan tersebut diadakan di Puncak. Pelantikan ini melatih kami untuk lebih disiplin, bertanggung jawab, dan fisik & mental juga akan dilatih ketika pelantikan ini. Hal – hal yang kami lakukan selama prosesi pelantikan, yaitu : 1) Kami mendapatkan materi tentang Paskibra; 2) Kami juga mendapatkan materi yang diberikan oleh Pak Asdi dan juga Pak Yuro; 3) Mempelajari variasi – variasi; 4) Melaksanakan pembelajaran yang kami lewati dari pos ke pos; 5) Game; 6) Renungan; 7) Berlatih untuk perform. Menurutku pelantikan ini seru sekaligus menyapekkan. Tetapi rasa capek itu akan terbayar setelah kita mendapatkan topi, baju PDH, dan LH.

Berikut adalah foto kami ketika pelantikan

Kemudian setelah pelantikan kami mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti biasa. Dan ketika kami sudah menjadi siswa – siswi kelas 8, kami akan menjadi senior. Ketika kami sudah kelas 8, kami mengajar para junior. Kalau kakak – kakak senior kami sudah tidak membimbing atau mengajar kami lagi tetapi hanya memantau saja. Tetapi bukan hanya kelas 7 saja kami akan mengikuti kegiatan pelantikan. Tetapi di kelas 8 kami akan mengikuti pelantikan. Di kelas 8, kami akan mengikuti pelantikan yang dinamakan “ Pelantikan Mahir ”. Ketika kami sudah dilantik di pelantikan ini, artinya kita sudah resmi dilantik menjadi senior.

Di Paskibra juga terdapat jabatan – jabatannya, berikut adalah jabatannya :
1.       Ketua umum
2.       Wakil ketua umum
3.       Sekretaris
4.    Bendahara
5.       Protokoler
6.       PAMLAT
7.       BINLAT
8.       HUMAS
9.       KESLAT
*disetiap Protokoler, PAMLAT, BINLAT, HUMAS, dan KESLAT terdapat satu orang koordianator.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengikuti Try Out UNBK

Cita - Cita Anak Labschool

LIBURAN SEKOLAH 2019