Coding di mata anak SMP Labschool


Coding adalah kegiatan dimana menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Coding merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode – kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah yang diberi akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin menggunakan kompiler. Seseorang yang melakukan coding dinamakan coder atau programmer.

Tujuan dari melakukan coding adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website – website, aplikasi – aplikasi yang kita temukan merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

Fungsi dari coding adalah coding dapat menciptakan sesuatu yang berguna di dunia ini. Dengan coding, kita dapat membuat suatu aplikasi. Jika kita mempelajari dan memahami coding dengan baik, maka kita dapat membuat aplikasi tanpa meminta bantuan dari orang lain.

Selain itu manfaat dari coding adalah coding bisa jadi menjadi pekerjaan masa depan kita. Sekarang, sudah banyak perusahaan – perusahaan yang mengandalkan kemampuan coding dalam bekerja. Selain itu, pekerjaan coding juga dapat digunakan sebagai pekerjaan sampingan dengan menghasilkan upah yang tinggi. Dan tidak menutup kemungkinan untuk mendapat tawaran dalam pembuatan suatu website, aplikasi ataupun bisnis e-commerce.

Dalam melakukan coding, banyak manfaat  yang kita dapatkan. Pertama, kita dapat melatih ketilitan. Dalam melakukan kegiatan coding, jika terdapat kesalahan dalam pengerjaannya, maka program akan mengalami error saat hendak dijalankan ataupun program tidak dapat bekerja. Oleh karena itu, dalam coding kita memerlukan ketelitian untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Kita perlu memerhatikan satu per satu kata – kata, simbol, baris, dan lain – lain. Selain melatih ketelitian, coding juga dapat mengembangkan daya berpikir secara logis. Dalam coding, kita juga memerlukan kemampuan untuk memilih bahasa pemrograman dalam memulai aktivitas. Selain itu, kita juga harus memahami struktur algoritma pemrograman yang berlaku didalamnya. Ketiga, mengembangkan potensi diri. Semakin sering kita menyelesaikan suatu kasus yang terjadi dalam pemrograman, kita sudah dapat dikategorikan sebagai problem solver yang terus berlatih untuk menemukan solusi terbaik dari setiap permasalahan.

Website yang dapat mempelajari coding adalah CodeAcademy, W3schools, CodeWars, Free Code Camp, Hack.Pledge()., Coursera, Udemy, HackerRank, The Odin Project. Sedangkan, untuk belajar menggunakan aplikasi, kita dapat menggunakan Learn Java, Udacity, AIDE – IDE for Android Java C++, Programming HUB, Codebox.

sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengikuti Try Out UNBK

EKSKUL PASKIBRA

LIBURAN SEKOLAH 2019