Pengalaman Mengikuti Try Out UNBK

Saya sebagai anak kelas 9, mulai banyak mengerjakan latihan - latihan soal, try out, dan lain - lain yang berhubungan dengan mata pelajaran yang berhubungan dengan UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ). Mulai dari tes diagnostik, TO pertama, UCUN, dan lain - lain. Menurut saya dengan adanya try out yang diselenggarakan, kita akan mendapatkan di mana kita terdapat kekurangan dan kita dapat melihat peningkatan maupun penurunan dari nilai kita.

Dengan adanya analisis soal yang kita benar dan soal yang kita salah, kita dapat mengembangkan kelemahan - kelemahan kita dalam mata pelajaran tersebut. Sehingga, dengan mengerjakan latihan - latihan soal dan mempelajari kesalahan - kesalahan tersebut kita dapat meningkatkan nilai kita di try out berikutnya. Seiring berjalan waktu, mungkin tidak semuanya mengalami peningkatan. Bisa saja tiga mata pelajaran dari empat mata pelajaran mengalami peningkatan, tetapi satu pelajarannya mengalami penurunan.

Dengan adanya penurunan nilai, saya akan berpikir harus lebih berusaha dari sebelumnya untuk mengejar nilai saya yang sebelumnya dan meningkatkan jauh lebih dari yang turun. Selain itu dengan mendapatkan peningkatan nilai, saya juga menjadi lebih termotivasi untuk meraih nilai yang lebih tinggi dan lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Hasil - hasil yang saya dapatkan juga saya lihat hampir setiap hari, karena dengan ini menurut saya, saya dapat meningkatkan motivasi saya dalam belajar. Kemudian, dengan adanya analisis kunci jawaban kita dan jenis pertanyaannya apa, saya dapat lebih menguasai mata pelajaran tersebut dengan mengetahui apa yang lebih sering keluar, apa yang termasuk dengan soal HOTS ( High Order Thingking ) dan lain sebagainya.

Dengan diadakannya try out, saya juga menjadi lebih semangat dalam belajar dan dapat menyiapkan diri untuk situasi dalam UNBK. Menurut saya hal itu sangat berguna, karena jika kita gugup dalam melakukan sesuatu bisa jadi apa yang seharusnya dapat kita kerjakan, menjadi tidak bisa maupun apa yang seharusnya kita dapat selesaikan dalam waktu yang singkat, menjadi memakan waktu yang lama.

Try Out juga dapat meningkatkan keseriusan kita dalam mengerjakan soal dalam jangka waktu panjang, sehingga konsentrasi kita juga lebih ditantang dengan dapat mengerjakan soal dengan serius maupun dengan tenang tanpa mengganggu orang lain. Semakin saya mengerjakan banyak soal, saya juga menjadi lebih percaya diri dan lebih tenang dalam mengerjakan soal, sehingga konsentrasi saya menjadi lebih itnggi dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, semakin lebih dibiasakan mengerjakan latihan soal, waktu - waktu yadi mana saya tidak melakukan sesuatu maupun bosan, saya dapat mengisi waktu tersebut dengan mengerjakan latihan soal maupun mempelajari suatu materi, ataupun mereview soal soal yang sudah dikerjakan.

Selain itu, dengan kita mengerjakan banyak soal, kita dapat mengerjakan soal dengan kecepatan yang lebih cepat. Dengan itu, kita dapat mempersingkat waktu untuk mengerjakan dan dapat mengecheck jawaban kita kembali. Sehingga, dengan itu, kemungkinan untuk mendapatkan nilai yang bagus menjadi lebih tinggi, karena terdapat kemungkinan saya memilih jawaban, salah hitung, dan kurang membaca dengan baik. Sehingga, mengecheck ulang jawaban adalah hal yang sangat penting dalam mengerjakan soal.

Intinya, saya mendapatkan banyak hal dalam mengikuti try out - try out, baik dalam perubahan kehidupan sehari - hari saya, maupun dalam konsentrasi saya dalam belajar dan mengerjakan soal - soal ulangan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita - Cita Anak Labschool

LIBURAN SEKOLAH 2019