KARTUL BAB 1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Strategi pembelajaran yang dilaksanakan guru mempunyai peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan siswa belajar. Selain atas dasar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada waktu menempuh pendidikan guru, banyak guru menggunakan strategi pembelajaran atas dasar gaya belajar yang dimilikinya. Di sisi lain, kajian – kajian menunjukkan bahwa hal tersebut mempengaruhi siswa dalam belajar dan menerima pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran di kelas, guru pasti memiliki banyak tantangan. Tantangan terbesar yang dihadapi hampir semua guru adalah menarik perhatian para siswa untuk mendengarkan pembelajaran dengan fokus. Guru pastinya sering melihat siswa yang kurang bergairah dalam pembelajaran, tidak serius, tidak berdaya mengerjakan tugas – tugas, maupun tidak mengikuti pelajaran.
Melalui pengalaman penulis dalam menerima pembelajaran baik di Sekolah Dasar ( SD ) maupun di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), bervariasi dari satu guru dan guru lainnya. Di SD kelas bawah, pada umumnya guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan, mengerjakan latihan soal, membahas, dan memberikan masukan terhadap hasil pengerjaan murid, tetapi setiap guru berbeda dalam penggunaan waktu pembelajaran. Di SD kelas atas, pada umumnya guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan, mengerjakan latihan soal, membahas, memberikan masukan, ditambah dengan memberikan tugas kerja kelompok. Di SMP, pada umumnya guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan, mengamati, mempresentasikan, mengerjakan latihan soal, membahas, memberikan tugas kepada siswa untuk mempresentasikan, dan memberikan tugas kelompok yang akan didiskusikan di sekolah maupun di luar sekolah. Perbedaan yang dimiliki oleh proses pembelajaran setiap guru dalam pembelajaran di kelas adalah bagaimana cara guru membagi waktu akan strategi pembelajarannya. Selain itu, guru juga harus bisa melatih siswa supaya menjadi lebih kreatif dan menumbuhkan kebiasaan berpikir produktif.
Strategi pembelajaran yang digunakan setiap guru berbeda - beda dan bermacam - macam, hal ini membuat penulis tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi pembelajaran yang menyenangkan dan efektif, serta berdampak baik dan juga cara guru mengajar siswa untuk menjadi kreatif dan berpikir produktif.
1.2 Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang akan menjadi rumusan masalah pada karya tulis ini adalah sebagai berikut :
- Apa itu strategi pembelajaran ?
- Apa saja jenis - jenis variabel pembelajaran ?
- Bagaimana cara mendidik siswa menjadi kreatif ?
- Bagaimana cara mendidik siswa berpikir produktif ?
- Apa saja tahap - tahap yang digunakan dalam pembelajaran kreatif-produktif ?
1.3 Pembatasan masalah
Supaya pembasahan pada karya tulis ini tidak terlalu luas dan rumit, maka penulis membatasi masalah sampai dengan :
1) Variabel strategi pembelajaran
2) Startegi pembelajaran kreatif-produktif
1.4 Tujuan
Tujuan pembuatan karya tulis ini adalah :
- Untuk memahami lebih lanjut tentang variabel startegi pembelajaran.
- Untuk memahami lebih lanjut tentang strategi pembelajaran kreatif-produktif.
- Untuk menambah ilmu dan wawasan
- Untuk memenuhi profil lulusan SMP Labschool Jakarta
1.5 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan studi pustaka yaitu dengan membaca buku dan mencari informasi terkait melalui internet.
Komentar
Posting Komentar