KARTUL BAB 1

BAB  I
PENDAHULUAN


1.1  Latar  Belakang
Strategi  pembelajaran  yang dilaksanakan  guru mempunyai peranan  yang penting dalam menentukan  keberhasilan siswa belajar. Selain  atas dasar pengetahuan dan keterampilan  yang diperoleh pada waktu menempuh pendidikan  guru, banyak guru menggunakan strategi pembelajaran  atas dasar gaya belajar yang dimilikinya. Di sisi lain,  kajian – kajian menunjukkan bahwa hal tersebut mempengaruhi  siswa dalam belajar dan menerima pembelajaran.
Dalam  proses pembelajaran  di kelas, guru pasti  memiliki banyak tantangan.  Tantangan terbesar yang dihadapi  hampir semua guru adalah menarik perhatian  para siswa untuk mendengarkan pembelajaran dengan  fokus. Guru pastinya sering melihat siswa yang kurang  bergairah dalam pembelajaran, tidak serius, tidak berdaya  mengerjakan tugas – tugas, maupun tidak mengikuti pelajaran.
Melalui  pengalaman  penulis dalam  menerima pembelajaran  baik di Sekolah Dasar  ( SD ) maupun di Sekolah  Menengah Pertama ( SMP ), bervariasi  dari satu guru dan guru lainnya. Di  SD kelas bawah, pada umumnya guru melaksanakan  pembelajaran dengan menjelaskan, mengerjakan latihan soal,  membahas, dan memberikan masukan terhadap hasil pengerjaan  murid, tetapi setiap guru berbeda dalam penggunaan waktu pembelajaran.  Di SD kelas atas, pada umumnya guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan,  mengerjakan latihan soal, membahas, memberikan masukan, ditambah dengan memberikan tugas  kerja kelompok. Di SMP, pada umumnya guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan, mengamati,  mempresentasikan, mengerjakan latihan soal, membahas, memberikan tugas kepada siswa untuk mempresentasikan,  dan memberikan tugas kelompok yang akan didiskusikan di sekolah maupun di luar sekolah. Perbedaan yang dimiliki  oleh proses pembelajaran setiap guru dalam pembelajaran di kelas adalah bagaimana cara guru membagi waktu akan strategi  pembelajarannya. Selain itu, guru juga harus bisa melatih siswa supaya menjadi lebih kreatif dan menumbuhkan kebiasaan berpikir  produktif.
Strategi  pembelajaran  yang digunakan  setiap guru berbeda  - beda dan bermacam -  macam, hal ini membuat  penulis tertarik untuk mempelajari  lebih lanjut tentang strategi pembelajaran  yang menyenangkan dan efektif, serta berdampak  baik dan juga cara guru mengajar siswa untuk menjadi  kreatif dan berpikir produktif.

1.2  Perumusan masalah
Berdasarkan  latar belakang  di atas, maka yang  akan menjadi rumusan masalah  pada karya tulis ini adalah sebagai  berikut :
  • Apa  itu strategi  pembelajaran ?
  • Apa  saja jenis  - jenis variabel  pembelajaran ?
  • Bagaimana  cara mendidik  siswa menjadi kreatif  ?
  • Bagaimana  cara mendidik  siswa berpikir produktif  ?
  • Apa  saja tahap  - tahap yang  digunakan dalam  pembelajaran kreatif-produktif ?

1.3  Pembatasan  masalah
Supaya  pembasahan  pada karya tulis  ini tidak terlalu luas  dan rumit, maka penulis membatasi  masalah sampai dengan :  
1)  Variabel  strategi pembelajaran
2)  Startegi  pembelajaran  kreatif-produktif

1.4  Tujuan
Tujuan pembuatan karya tulis ini adalah :
  1. Untuk  memahami  lebih lanjut  tentang variabel  startegi pembelajaran.
  2. Untuk  memahami  lebih lanjut  tentang strategi  pembelajaran kreatif-produktif.
  3. Untuk menambah ilmu dan wawasan
  4. Untuk memenuhi profil lulusan SMP Labschool Jakarta

1.5  Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan studi pustaka yaitu dengan membaca buku dan mencari informasi terkait melalui  internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengikuti Try Out UNBK

EKSKUL PASKIBRA

Cita - Cita Anak Labschool