KARTUL BAB 3
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pada pembahasan bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah pendekatan menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran. Dan dengan kata lain, sistem pembelajaran juga dapat diartikan sebagai cara dan seni untuk menggunakan semua sumber belajar dalam upaya membelajarkan siswa.
Ada tiga jenis variabel strategi pembelajaran, yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan. Masing - masing tiga startegi ini memiliki fungsi yang berbeda, tetapi ketiga strategi pembelajaran tersebut sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Sebelum melakukan pembelajaran, pendidik sudah diwajibkan untuk menguasai strategi - strategi pembelajaran yang akan digunakan. Pendidik juga harus bisa memikirkan waktu yang tepat untuk melakukan ketiga strategi tersebut.
Selain itu, dalam melaksanakan tugasnya, pendidik dituntut untuk dapat mengenali karakteristik dan kemampuan siswa masing - masing, sehingga pendidik dapat meningkatkan kreativitas siswa, serta pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maupun produktif.
3.2 Saran
Berdasarkan karya tulis ini, penulis menyarankan :
1. Kepada pendidik
Dalam memilih strategi pembelajaran pendidik harus pandai dalam memilih sistem pembelajaran mana yang akan dipilih. Guru harus memikirkan tentang kesesuaian strategi pembelajaran dengan tujuan atau kompetensi, kesesuaian strategi pembelajaran dengan jenis pengetahuan yang akan disampaikan, kesesuaian pembelajaran dengan sasaran awal (kemampuan awal, karakteristik yang berhubungan dengan latar belakang dan status sosial, karakteristik yang berkaitan dengan perbedaan kepribadian), kemampuan strategi pembelajaran, dan karakteristik strategi pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
2. Kepada siswa
Siswa dapat membantu berjalan lancarnya suatu strategi pembelajaran pendidik dengan cara ikut berkontribusi dengan tidak mengobrol ataupun tidak mendengarkan guru, tidur, dan lain - lain.
3. Kepada penulis selanjutnya
Untuk penulis karya tulis selanjutnya bisa menuliskan hal - hal yang masih kurang di karya tulis ini, maupun langsung bertanya kepada orang yang mengenali dengan benar tentang sistem pembelajaran. Kemudian penulis juga dapat lebih banyak mengambil materi dari buku, artikel, dan juga bisa menyebarkan angket atau wawancara.
4. Kepada penulis sendiri
Lebih banyak meningkatkan kemampuan menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lebih banyak mencari wawasan dan referensi tentang topik yang dibahas. Lebih menguasai topik yang dibahas.
Komentar
Posting Komentar