KARTUL BAB 3

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan  pada pembahasan  bab sebelumnya, dapat  disimpulkan bahwa strategi  pembelajaran adalah pendekatan  menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran  yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan  untuk mencapai tujuan umum pembelajaran. Dan dengan  kata lain, sistem pembelajaran juga dapat diartikan sebagai  cara dan seni untuk menggunakan semua sumber belajar dalam upaya  membelajarkan siswa.
Ada  tiga jenis  variabel strategi  pembelajaran, yaitu  strategi pengorganisasian,  strategi penyampaian, dan strategi  pengelolaan. Masing - masing tiga startegi  ini memiliki fungsi yang berbeda, tetapi ketiga  strategi pembelajaran tersebut sangat diperlukan dalam  proses pembelajaran. Sebelum melakukan pembelajaran, pendidik  sudah diwajibkan untuk menguasai strategi - strategi pembelajaran  yang akan digunakan. Pendidik juga harus bisa memikirkan waktu yang  tepat untuk melakukan ketiga strategi tersebut.
Selain  itu, dalam  melaksanakan tugasnya,  pendidik dituntut untuk  dapat mengenali karakteristik  dan kemampuan siswa masing - masing,  sehingga pendidik dapat meningkatkan kreativitas  siswa, serta pembelajaran dapat berjalan dengan efektif  maupun produktif.

3.2  Saran
Berdasarkan  karya tulis ini,  penulis menyarankan  :
1.  Kepada  pendidik
Dalam  memilih  strategi pembelajaran  pendidik harus pandai dalam  memilih sistem pembelajaran mana  yang akan dipilih. Guru harus memikirkan  tentang kesesuaian strategi pembelajaran dengan  tujuan atau kompetensi, kesesuaian strategi pembelajaran  dengan jenis pengetahuan yang akan disampaikan, kesesuaian  pembelajaran dengan sasaran awal (kemampuan awal, karakteristik  yang berhubungan dengan latar belakang dan status sosial, karakteristik  yang berkaitan dengan perbedaan kepribadian), kemampuan strategi pembelajaran,  dan karakteristik strategi pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan  baik.
2.  Kepada  siswa
Siswa  dapat membantu  berjalan lancarnya  suatu strategi pembelajaran  pendidik dengan cara ikut berkontribusi  dengan tidak mengobrol ataupun tidak mendengarkan  guru, tidur, dan lain - lain.
3.  Kepada  penulis selanjutnya
Untuk  penulis  karya tulis  selanjutnya bisa  menuliskan hal - hal  yang masih kurang di karya  tulis ini, maupun langsung bertanya  kepada orang yang mengenali dengan benar  tentang sistem pembelajaran. Kemudian penulis  juga dapat lebih banyak mengambil materi dari  buku, artikel, dan juga bisa menyebarkan angket  atau wawancara.
4.  Kepada  penulis sendiri

Lebih  banyak meningkatkan  kemampuan menulis dengan  Bahasa Indonesia yang baik  dan benar. Lebih banyak mencari  wawasan dan referensi tentang topik  yang dibahas. Lebih menguasai topik yang  dibahas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengikuti Try Out UNBK

EKSKUL PASKIBRA

LIBURAN SEKOLAH 2019